Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan tampak hampa atau tiada kehidupan sama sekali apabila tidak ada komunikasi. Karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok ataupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi.
Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi yang dilakukan manusia ini, baik secara perorangan, kelompok ataupun organisasi), dalam ilmu komunikasi disebut sebagai tindakan komunikasi.
Tindakan komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara baik secara “verbal” (dalam bentuk kata-kata baik lisan dan / atau tulisan) ataupun “non-verbal” (tidak dalam bentuk kata-kata, misalnya gestura, sikap, tingkah laku, gambar-gambar, dan bentuk-bentuk lainnya yang mengandung arti.
Tindakan komunikasi ini juga dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Berbicara secara tatap muka, berbicara melalui telepon, menulis surat kepada seseorang, sekelompok orang, adalah contoh-contoh dari tindakan komunikasi langsung. Sementara yang termasuk tindakan komunikasi tidak langsung adalah tindakan komunikasi yang dilakukan tidak secara perorangan tetapi melalui medium atau perantara tertentu. Misalnya penyampaian informasi melalui surat kabar, majalah, radio, televisi, film, pertunjukkan, kesenian, dan lain-lain.

1.1. Definisi Komunikasi

Kalau istilah “komunikasi” (dari bahasa Inggris “communication”) berasala dari “communicatus” dalam bahasa Latin yang artinya “berbagi” atau “menjadi milik bersama”. Dengan demikian komunikasi menurut lexicographer (ahli kamus bahasa), “menunjuk pada suatu upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan.”
Sementara itu, dalam Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977 antara lain dijelaskan bahwa komunikasi adalah “suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sitem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku.”
Sejalan dengan perkembangan ilmu komunikasi sebagai ilmu yang bersifat multi disipliner, definisi-definisi yang diberikan para ahli pun semakin banyak dan beragam. Masing-masing punya penekanan arti, cakupan, dan konteksnya satu sama lain.
Sebagai gambaran, Frank F.X dance (1976) dalam bukunya “Human Communication Theory” antara lain menginventaris 126 buah definisi tentang komunikasi yang diberikan oleh berbagai ahli, diantaranya :

 Komunkasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikastor) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).
Hovland, Janis, dan Kelley, 1953

 Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka, dan lain-lain.
Berelson dan Steiner, 1964

 Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan “siapa”, “mengatakan apa”, “dengan saluran apa”, “kepada siapa”, “dengan akibat atau hasil apa”. (Who? says what? To whom? Whit what effect?)
Lasswell, 1960

 Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
Gode, 1959

 Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau meperkuat ego.
Barnlund, 1964

 Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
Ruesch, 1957

 Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.
Weaver, 1949

Dari ketujuh defini komunikasi di atas dapat ditarik satu pengertian bahwa komunikasi adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, peneriamaan, dan pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan / atau diantara dua orang atau lebih dengan tujuan tertentu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s