Karakterisitik Isi Pesan Majalah sebagai Media Massa

Khalayak akan tertarik untuk membaca majalah dengan penyajian isi pesan yang yang pembahasan cenderung lebih dalam dibandingkan dengan media koran. Hal tersebut membuat paparan isi majalah sebaiknya merupakan berita kumpulan kejadian yang terjadi selama kurun waktu tertentu, oleh sebab itulah penerbitan majalah dilakukan per minggu, dwi minggu, atau bulanan.

 

            Komposisi juga menjadi hal penting dalam kemasan majalah. Penyajian isi pesan harus menarik dan sesuai dengan segmen pangsa pasarnya, tata letak artikel dan gambar/foto yang seimbang, penggunaan warna dan tekstur-tekstur juga harus dibuat nyaman untuk mata, tata bahasa yang sesuai dengan audience, riset kepustakaan yang lengkap, dan sebagainya. Layaknya media koran, berita yang disajikan majalah juga harus up to date, dengan bahasan yang lebih detail. Biasanya topik yang dipilih adalah topik yang bisa bertahan lama dan sesuai dengan minat audience yang ditujunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s