Karakteristik Majalah Sebagai Media Massa

Setiap media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari jenis medianya, tiap media mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri sesuai dengan tujuan dan kemampuan media tersebut.

             Majalah mempunyai karakteristik yang berbeda dengan media lain –khususnya media elektronik– antara lain adalah :

  • Luas jangkauan atau daya jangkau majalah terbatas. Setiap majalah umumnya mempunyai pembaca jauh lebih sedikit daripada pembaca surat kabar, namun memiliki pasar yang lebih mengelompok. Jangkauan khalayak majalah lebih tersegmen karena pesan yang disampaikan ditujukan untuk kelompok masyarakat tertentu. Karena segmentasi yang lebih terfokus dalam menentukan pangsa pasar, membuat majalah biasanya hanya mendistribusikan productnya pada lingkungan geografi yang tidak terlalu luas.
  • Kemampuan penyampaian pesannya lebih lambat karena jalur distribusinya yang panjang.
  • Penetrasinya cenderung lebih lambat karena biasanya majalah terbit mingguan, dwi mingguan, bahkan bulanan.
  • Kebutuhan pemeliharaan memori atau life spannya relatif lebih panjang. Umumnya majalah disimpan sampai berbulan-bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s